Makanan sehat penurun kadar kolesterol

Di Uncategorized 24 views

Makanan sehat penurun kadar kolesterol

Makanan sehat penurun kadar kolesterol

cara cepat menurunkan kada kolesterol tanpa obat menggunakan Makanan sehat penurun kadar kolesterol

Makanan sehat penurun kadar kolesterol ,- Ketika seseorang mengalami kondisi dimana kadar kolesterol darahnya meningkat, orang tersebut biasanya akan disarankan untuk mengatur pola makan serta mengurangi bahkan tidak lagi mengonsumsi beberapa jenis makanan tertentu agar kadar kolesterol darahnya tidak naik. Lazimnya, jika ingin sehat, kita harus berusaha agar tidak memakan jenis makanan pemicu lonjakan kolesterol jahat, dan sebaliknya memperbanyak konsumsi makanan bergizi serta makanan yang bisa meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

Ketika mengonsumsi makanan bergizi, Anda bukan hanya mencegah kemungkinan naiknya kadar kolesterol, namun juga dapat menurunkan resiko yang terkait dengan tingginya kadar kolesterol dalam darah, misalnya saja resiko terkena penyakit jantung koroner, penyempitan pembuluh darah serta stroke. Dengan memilih jenis makanan yang tepat, Anda akan terhindar dari berbagai penyakit tersebut dan tentunya memiliki hidup yang lebih sehat.
Makanan sehat penurun kadar kolesterol
Pada dasarnya, seseorang dengan kolesterol tinggi dianjurkan untuk tidak mengonsumsi makanan yang mengandung kadar lemak jenuh, yang bisa mengakibatkan semakin bertambah tingginya kadar kolesterol jahat di dalam pembuluh darah, yang kemudian bisa mengakibatkan penyempitan pembuluh darah. Akan tetapi, selain menghindari jenis makanan tertentu, Anda juga bisa mengonsumsi makanan yang benar-benar bisa menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam darah. Beberapa jenis bahan makanan ternyata telah terbukti mampu melakukan hal tersebut. Berikut beberapa di antaranya:
1. Makanan Kaya Omega 3. Omega 3 merupakan zat gizi yang sudah tidak diragukan lagi khasiatnya dalam hal menurunkan efek buruk kolesterol dalam darah. Omega 3 telah terbukti secara ilmiah dapat membantu menurunkan kadar kolesterol secara signifikan, mencegah pengentalan darah akibat penumpukan kolesterol dan mengurangi resiko terserang penyakit yang terkait dengan kolesterol tinggi. Makanan kaya Omega 3 antara lain ikan laut seperti salmon dan tuna serta kacang-kacangan seperti almond. Kedua jenis makanan ini tak perlu dikhawatirkan karena merupakan sumber lemak tak jenuh.
2. Sumber Serat. Makanan seperti buah dan sayur beraneka warna serta karbohidrat komplek seperti serealia utuh bisa membantu menurunkan kadar kolesterol, menyehatkan pencernaan serta memberikan suplai nutrisi yang bisa mengurangi resiko stroke, hipertensi dan penyakit jantung koroner. Untuk buah dan sayurnya, pastikan Anda memakan mereka dalam bentuk sesegar mungkin dan pastikan mengonsumsi yang jenisnya berwarna-warni, agar variasi nutrisinya semakin banyak.
3. Teh Hijau. Jenis teh ini telah diteliti memiliki komponen kimiawi yang bisa mendorong aktifitas pembakaran sel lemak, termasuk kolesterol jahat. Mengganti kopi Anda dengan teh hijau setiap pagi dan sore bisa membantu menurunkan kadar kolesterol secara signifikan, apalagi jika pola makan juga diubah. Akan tetapi, sebaiknya teh jangan diminum setelah makan agar tidak mengacaukan penyerapan protein yang penting. Tunggu kira-kira 2 jam sebelum atau sesudah makan.
4. Kayu Manis. Serbuk kayu manis bukan hanya menambah citarasa sedap pada makanan dan minuman, namun juga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Anda juga tak perlu mengonsumsinya terlalu banyak; ½ sendok teh bubuk kayu manis pun cukup untuk jatah sehari. Taburkan di atas roti gandum utuh panggang, bubur oat atau dicampur ke dalam smoothie untuk memperkaya rasa.
5. Lemon Segar. Buah lemon mengandung senyawa yang dapat membantu menurunkan kolesterol seperti antioksidan serta senyawa kimiawi yang disebut limonoid. Jika Anda mengalami masalah kolesterol tinggi yang parah, minum jus lemon yang diperas sendiri, yang ditambah sedikit gula rendah kalori dan sedikit taburan bubuk cabai untuk meningkatkan metabolisme.
Libatkan semua jenis makanan ini dalam diet Anda untuk membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah secara alami. Tapi jika kadar kolesterol Anda cukup tinggi, tetap disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk menentukan perlu tidaknya pemberian obat resep tertentu.
Sumber referensi: http://meetdoctor.com/article/makanan-yang-bisa-menurunkan-kadar-kolesterol

Tags: #Kolesterol #Tips sehat

Cara Mengobati Penyakit Difteri Secara Alami
Cara Mengobati Penyakit Difteri Secara Alami
Cara Mengobati Penyakit Difteri Secara Alami dengan
Khasiat Dan Keunggulan Obat Herbal Ace Maxs
Khasiat Dan Keunggulan Obat Herbal Ace Maxs
Ace Maxs adalah merupakan produk obat herbal
11 Masalah Seksual Penyebab Pria Tidak Mau berhubungan seks
11 Masalah Seksual Penyebab Pria Tidak Mau berhubungan seks
Masalah seksual mengacu pada masalah yang mencegah
Ramuan Tradisional Pembersih Rahim Setelah Keguguran
Ramuan Tradisional Pembersih Rahim Setelah Keguguran
Solusi cepat untuk membersihkan rahim setelah keguguran
Baca Juga×

Top