Kolesterol tinggi, Gejala, Penyebab Dan Pengobatan

Di Uncategorized 20 views

Kolesterol tinggi, Gejala, Penyebab Dan Pengobatan

Kolesterol tinggi, Gejala, Penyebab Dan Pengobatan


Kolesterol tinggi, Gejala, Penyebab Dan Pengobatan ,- Kolesterol adalah sejenis lemak (lipid) dalam darah Anda. Sel-sel tubuh membutuhkan kolesterol, dan tubuh Anda memproduksi semua yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun, Anda juga mendapatkan kolesterol dari makanan yang Anda makan.
Jika Anda memiliki terlalu banyak kolesterol, maka kolesterol mulai menumpuk di arteri Anda. Arteri adalah pembuluh darah yang membawa darah dari jantung. Kondisi ini disebut pengerasan pembuluh darah, atau aterosklerosis. Hal ini biasanya proses yang berjalan lambat dan semakin memburuk seiring bertambahnya usia.
Kolesterol tinggi, Gejala, Penyebab Dan Pengobatan ,- Untuk memahami apa yang terjadi, coba bayangkan bagaimana sumbatan terbentuk dalam pipa di bawah wastafel dapur. Sama halnya dengan penumpukan endapan dalam pipa, penumpukan kolesterol menyempitkan pembuluh darah dan membuat darah lebih sulit mengalir, sehingga mengurangi jumlah darah yang sampai ke jaringan tubuh, termasuk jantung Anda. Hal ini dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius, termasuk serangan jantung dan stroke.
Kolesterol diukur dengan tes darah, dengan hasilnya sebagai berikut :
  • Kolesterol tinggi adalah nilai kolesterol 240 atau di atas.
  • Kolesterol cukup tinggi adalah nilai kolesterol antara 200-239.
  • Kolesterol Sehat adalah nilai kolesterol kurang dari 200 .
Apa Jenis-Jenis Kolesterol?
  • LDL adalah kolesterol “buruk”. LDL merupakan jenis kolesterol yang dapat menyumbat arteri Anda. Ini adalah kolesterol yang perlu Anda turunkan jika memiliki kolesterol tinggi.
  • HDL adalah kolesterol “baik”. HDL membantu membersihkan lemak dari darah Anda. Kadar HDL yang tinggi dapat membantu melindungi Anda dari serangan jantung.
  • Trigliserida adalah jenis lain dari lemak dalam darah Anda. Jika Anda memiliki trigliserida tinggi dan LDL tinggi, maka kemungkinan Anda terkena serangan jantung menjadi lebih tinggi.
Apa Gejala Kolesterol Tinggi?
Kolesterol tinggi, Gejala, Penyebab Dan Pengobatan ,- Kolesterol tinggi tidak membuat Anda merasa sakit. Ketika Anda tahu bahwa Anda menderita kolesterol tinggi, mungkin saja kolesterol sudah menyumbat arteri Anda. Jadi, sangat penting untuk memulai pengobatan meskipun Anda mungkin merasa baik-baik saja.
Apa Penyebab Kolesterol Tinggi?
Banyak hal yang bisa menyebabkan kolesterol tinggi, antara lain :
  1. Makanan yang Anda makan. Terlalu banyak makan makanan yang mengandung lemak jenuh, lemak trans, dan kolesterol dapat meningkatkan kolesterol Anda.
  2. Lemak jenuh dan kolesterol terkandung dalam makanan yang berasal dari hewan (seperti daging, susu, kuning telur, mentega, dan keju). Sedangkan lemak trans terkandung dalam banyak makanan kemasan dan makanan ringan, seperti kue, crackers , dan keripik.
  3. Kelebihan berat badan.
  4. Tidak aktif.
  5. Usia. Kolesterol mulai meningkat setelah usia 20 tahun.
  6. Riwayat keluarga. Jika anggota keluarga memiliki kolesterol tinggi, mungkin juga Anda memilikinya.
  7. Kesehatan secara keseluruhan. Penyakit seperti hipotiroidisme dapat meningkatkan kolesterol.
Bagaimana Mendiagnosis Kolesterol Tinggi?
Anda perlu melakukan tes darah untuk memeriksa kadar kolesterol Anda. Ada beberapa jenis tes yaitu :
  • Tes kolesterol puasa adalah tes yang paling lengkap karena mengukur semua lemak dalam darah Anda, termasuk kolesterol LDL dan HDL, serta trigliserida. Anda tidak boleh makan selama 9 sampai 12 jam sebelum melakukan tes ini.
  • Tes LDL langsung mengukur kadar LDL saja. Anda dapat melakukan tes ini setiap saat, bahkan jika Anda baru saja makan atau mengemil.
  • Tes kolesterol sederhana dapat mengukur kolesterol total dan HDL. Anda dapat makan sebelum melakukan tes ini. Kadang-kadang dokter melakukan tes ini terlebih dahulu.
Bagaimana Mengobati Kolesterol Tinggi?
Kolesterol tinggi, Gejala, Penyebab Dan Pengobatan ,- Jika Anda memiliki kolesterol tinggi, maka Anda memerlukan pengobatan untuk menurunkan risiko serangan jantung dan stroke. Dua pengobatan utama adalah perubahan gaya hidup dan obat-obatan.
Beberapa perubahan gaya hidup adalah penting bagi orang dengan kolesterol tinggi. Dokter Anda mungkin menginginkan Anda agar :
  • Pola makan yang bagus untuk kesehatan jantung, yang mencakup banyak ikan, buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian tinggi serat dan roti, dan lemak sehat seperti minyak zaitun.
  • Menurunkan berat badan, jika Anda memerlukannya. Dengan menurunkan berat badan sebanyak 2.3 kg hingga 4.5 kg, dapat menurunkan kolesterol Anda. Berat badan turun juga dapat membantu menurunkan tekanan darah Anda.
  • Olahraga teratur di hampir atau bahkan setiap hari dalam seminggu. Berjalan adalah olahraga yang bagus dan dapat dilakukan banyak orang. Lama olahraga yang baik adalah selama 30 menit atau lebih sehari.
  • Jangan merokok. Berhenti merokok dapat membantu meningkatkan HDL dan meningkatkan kesehatan jantung Anda.
  • Mengubah kebiasaan lama mungkin tidak mudah, tetapi hal ini sangat penting untuk membantu Anda hidup lebih sehat dan lebih lama. Mungkin memiliki rencana dapat membantu Anda. Mulailah dengan langkah-langkah kecil. Sebagai contoh, berkomitmen untuk menambahkan satu buah atau satu sayuran sehari selama seminggu. Daripada menyantap makanan penutup, cobalah untuk berjalan-jalan sebentar.
Kolesterol tinggi, Gejala, Penyebab Dan Pengobatan ,- Jika perubahan gaya hidup tidak cukup menurunkan kadar kolesterol Anda, atau jika risiko serangan jantung Anda tinggi, mungkin Anda juga perlu minum obat penurun kolesterol seperti statin.
Sangat penting mengetahui risiko serangan jantung, karena akan membantu Anda dan dokter Anda memutuskan bagaimana cara mengobati kolesterol Anda.
Sumbher: dokita.co

Tags: #Kolesterol #Tips sehat

Cara Mengobati Penyakit Difteri Secara Alami
Cara Mengobati Penyakit Difteri Secara Alami
Cara Mengobati Penyakit Difteri Secara Alami dengan
Khasiat Dan Keunggulan Obat Herbal Ace Maxs
Khasiat Dan Keunggulan Obat Herbal Ace Maxs
Ace Maxs adalah merupakan produk obat herbal
11 Masalah Seksual Penyebab Pria Tidak Mau berhubungan seks
11 Masalah Seksual Penyebab Pria Tidak Mau berhubungan seks
Masalah seksual mengacu pada masalah yang mencegah
Ramuan Tradisional Pembersih Rahim Setelah Keguguran
Ramuan Tradisional Pembersih Rahim Setelah Keguguran
Solusi cepat untuk membersihkan rahim setelah keguguran
Baca Juga×

Top